Thursday, March 26, 2020

Inilah Makanan dan Latihan yang Mendukung Melahirkan Normal yang Harus Ibu Hamil Pahami

Melahirkan Normal

Jenis melahirkan adalah dengan persalinan normal, alami dan bantuan alat. Melahirkan normal yang paling banyak dipilih karena dapat membuat ibu hamil merasa seperti wanita seutuhnya, persalinan normal dilakukan dengan mengeluarkan bayi dari lubang vagina dan biasanya saat melahirkan pertama kali akan berlangsung 12 hingga 24 jam untuk pembukaan dan proses melahirkan 6 hingga 8 jam, terdiri atas persalinan alami dan dengan bantuan alat. Persalinan alami atau spontan merupakan persalinan yang dilakukan tanpa menggunakan bantuan maupun obat, persalinan yang merupakan usaha ibu untuk mendorong bayi keluar. Persalinan bantuan alat dimana bayi menunjukkan tanda mau lahir dan dokter melakukan vakum, forsep dan induksi sehingga ibu dapat dibantu ketika kehabisan tenaga mengejan.

Dapat juga melakukan persalinan normal setelah caesar atau disebut sebagai vaginal birth after caesarean. Terdapat 75 persen wanita melakukan jenis persalinan ini namun hal ini perlu memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan tingkat keberhasilannya untuk dapat menyelamatkan ibu hamil dan bayi. Akhir-akhir ini banyak yang melakukan home birth atau melahirkan di rumah, proses ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan beberapa komplikasi walaupun lebih menenangkan dan lebih hemat karena tidak perlu ke rumah sakit. Water birth merupakan melahirkan dengan cara berendam di air hangat yang membuat rasa sakit lebih minim, walaupun hal ini perlu dikonsultasikan tetapi memiliki manfaat positif untuk membantu bayi lahir terhindar dari stress atau bayi lebih tenang.

Berikut adalah makanan untuk mendukung kelahiran yang lancar:

Telur dan pisang untuk menstimulasi dari pematangan serviks sehingga akan mengembang ketika persalinan dan meningkatkan kadar dari oksitosin tubuh dan memberikan rasa yang lezat.
Jeruk dengan kandungan air untuk pemenuhan kebutuhan cairan saat melahirkan dan jeruk akan membuat kulit dari bayi lebih halus dan lembut sehingga akan menghalau masuknya virus dalam tubuh.
Produk olahan susu dan susu yang memiliki kalsium dan protein untuk membantu perkembangan bayi dan memberikan cadangan energi selama persalinan dan tidak memicu muntahan ketika persalinan sedang berlangsung.

Selain itu, brokoli merupakan makanan dengan vitamin C, kalsium dan folat yang dapat mencegah terjadinya sembelit. Daging tanpa lemak yang kaya zat besi membantu makanan lebih mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan. Bayam merupakan kandungan baik untuk membantu tubuh siap dalam persalinan secara normal yang diolah menjadi side dish atau jus smoothies pada pagi hari dengan baik. Air kelapa yang membantu kontraksi dan air kelapa akan meningkatkan adanya elektrolit dan menghindari adanya komplikasi selama melahirkan.

Berikut adalah hal yang dilakukan jika memilih persalinan normal:

Latihan pernapasan dengan cara berbaring maupun berdiri dengan gerakan kaki atau tangan.
Memberi latihan otot paha dan panggul dengan cara berjongkok lalu menggerakkan lutut maupun paha sehingga akan memperbaiki posisi bayi yang masuk dalam jalur lahiran.
Senam kegel dengan duduk nyaman lalu menarik otot kewanitaan sambil duduk dan ulangi beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk melahirkan normal maka perhatikan posisi ketika melahirkan termasuk luka karena robekan kemaluan hingga durasi dari kontraksi. Dengan pola makan sehat serta olahraga akan memberikan relaksasi dan pijatan untuk mengurangi stres selama hamil. Pijatan ini disebut sebagai perineum yang dilakukan ketika usia hamil 34 minggu. Pastikan otot sekitar perineum tetap hangat dengan meletakkan hangat dan dilakukan ketika proses bersalin secara normal.

No comments:

Post a Comment