Friday, August 23, 2019

Tips Menjaga Kebersihan Dapur Di Rumah


Ruang dapur menjadi tempat yang kebersihannya selalu harus dijaga. Di ruang ini, minuman dan makanan untuk keluarga diolah hingga Anda harus betul-betul jaga kebersihan ruang yang satu ini. Tidak hanya membersihkan piring serta perlengkapan masak yang kotor tiap setelah memasak, Anda pun harus jaga kebersihan dapur dengan membersihkannya tiap hari. 

Dapur yang bersih mempunyai faedah buat kesehatan Anda sekeluarga. Tetapi dengan adanya banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan pada sebuah hari, Anda mungkin begitu capek untuk bersihkan dapur. Nah, supaya dapur selalu bersih, di bawah ini ada panduan langkah cepat bersihkan dapur yang mungkin saja rujukan Anda. 

Bersihkan Perlengkapan Masak 

Sesudah usai memasak, selekasnya bersihkan semua perlengkapan masak tadi dipakai. Jangan tunda untuk membersihkan perlengkapan masak yang kotor sebab noda yang ketinggalan akan makin susah di hilangkan bila makin lama dicuci. Cuci dengan Sunlight Jeruk Nipis yang ampuh bersihkan beberapa kotoran, mengusung minyak serta hilangkan berbau yang membandel. Sesudah dicuci, keringkan perlengkapan masak serta taruh ke tempatnya semasing. 

Membersihkan Ruang Kompor 

Janganlah lupa untuk bersihkan wilayah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak serta kerak gosong yang mungkin berada di tungkunya. Pertama kali, lihat sisi tungku kompor gas adakah tersisa makanan yang jatuh ke dalamnya serta jadi gosong. Angkat dudukan kompor gas serta membersihkan dari kerak atau gosong. Bila telah bersih, tempatkan kembali dudukan kompor barusan serta lap permukaan kompor sampai bersih. Lihat juga kondisi dinding dekat kompor. Bila kotor, membersihkan selekasnya dengan cairan pembersih serbaguna. 

Bereskan Meja Makan 

Sesudah melahap makanan bersama dengan keluarga, atur meja makan dari beberapa piring, sendok serta mangkok yang kotor. Sisihkan perlengkapan makan yang kotor ke tempat bersihkan piring. Bila ada makanan yang masih ada, masukan ke wadah tertutup serta taruh di kulkas. Bila makanan yang masih ada cuma dikit, buang tersisa makanan ke tempat sampah terlebih dulu sebelum membersihkan perlengkapan makan. Tidak hanya untuk mempermudah proses pencucian piring nanti, buang tersisa makanan dalam tempat sampah akan menahan aliran bersihkan piring jadi mampet. Kemudian, lap meja supaya bersih dari kotoran serta tersisa makanan. 

Membersihkan Bak Pencuci Piring 

Sesudah usai membersihkan piring kotor setelah masak atau makan, janganlah lupa untuk bersihkan bak pencuci piring. Tanpa ada Anda sadari, kotoran lemak serta tersisa makanan dapat menumpuk di permukaan bak bersihkan piring atau keran air. Anda dapat juga memakai Sunlight Jeruk Nipis untuk bersihkan tempat membersihkan piring Anda. 

Menyapu serta Mengepel Dapur 

Bila semua permukaan di dapur telah di lap serta dibikin bersih, setelah itu menyapu serta mengepel lantai dapur sampai bersih. Sapu serta pel lantai dapur dengan cermat serta lihat sisi bawah almari kabinet atau meja makan. Tidak hanya untuk hilangkan debu serta kotoran, menyapu serta mengepel lantai penting juga untuk hilangkan tersisa makanan yang mungkin jatuh ke lantai supaya tidak mengundang serangga untuk hadir ke dapur. 

Buang Sampah 

Janganlah lupa selalu untuk kosongkan tempat sampah yang berada di dapur sehari-harinya. Buang sampah ke luar rumah untuk menghindarkan penebaran kuman serta bakteri di dapur yang datang dari sampah. Diluar itu, buang sampah dengan teratur menghindari dapur Anda kehadiran tamu tidak diundang seperti semut serta kecoa yang dapat jadi membuat dapur kotor serta tidak higienis. 

Dengan rajin dibikin bersih, dapur bersih minimalis juga dapat direalisasikan. Dapur yang sehat pasti berimbas pada terjaganya kesehatan Anda sekeluarga. Walau kadang melelahkan, jangan dibiarkan dapur Anda kotor tanpa ada dibikin bersih, ya! 

No comments:

Post a Comment