Friday, August 23, 2019

Makan Cabe Ternyata Tidak Membuat ASI Pedas

Cabe

Waktu ibu menyusui, banyak pantangan yang perlu dijauhi untuk membuahkan air susu ibu (ASI) yang berkualitas serta baik untuk sang buah hati. Tetapi kenyataannya tidak semuanya itu memengaruhi manfaat atau kandungan ASI yang dibuat serta memberi dampak pada kesehatan bayi. 

dr Wiyarni Pambudi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memperjelas ASI yang dibuat tidak dipengaruhi pada makanan yang dikonsumsi si ibu. 

"Kita tidak dapat membuat ASI yang dibuat itu rasa coklat, rasa ikan, bahkan juga pedas. Sebab apa yang ibunya makan tidak punya pengaruh pada rasa atau kandungan dari ASI yang dibuat ibu," tuturnya waktu didapati di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (02/8/2019). 

Di kesempatan yang berlainan, Konselor Laktasi dr Ameetha Drupadi, CIMI menjelaskan makanan yang dikonsumsi ibu waktu menyusui benar-benar tidak berefek pada keadaan kesehatan si bayi. Hal tersebut berlangsung sebab makanan yang dikonsumsi ibu akan diolah sepanjang 6 jam di organ pencernaannya sebelum tercipta jadi ASI. 

Oleh karenanya asumsi popular seringkali konsumsi cabai dapat membuat rasa ASI jadi pedas sebenarnya salah. Efek yang lebih mungkin berlangsung ialah proses menyusui dapat terusik sebab dampak konsumsi itu pada kesehatan ibu. 

"Contohnya, si ibu konsumsi makanan pedas atau asam, serta dampaknya si anak yang minum ASI itu sakit perut dan lain-lain. Itu tidak ada dampaknya benar-benar ke anak sebab sudah diolah dahulu sepanjang 6 jam serta akan keluar jadi ASI," paparnya. 

"Jika si ibu makan pedas, asam, atau sebagainya dengan kandungan yang berlebihan serta membuat sang ibu sakit seperti diare, automatis tidak dapat untuk menyusui. Kondisi itu yang akan membahayakan kesehatan si bayi sebab kekurangan konsumsi ASI," ujarnya. 

Jadi ahli dalam bagian Konselor ASI, dr Ameetha menyarankan beberapa ibu menyusui untuk menghindarkan mengonsumsi makanan atau minuman yang mungkin memberi dampak tidak baik buat tubuhnya, seperti junk food atau makanan dengan citarasa pedas atau asam yang terlalu berlebih. 

No comments:

Post a Comment